Header Ads Widget

9 Jenis Macam Investasi yang Menguntungkan dan Layak untuk Kamu Coba

Jenis-jenis investasi yang menguntungkan
Jenis-jenis investasi yang menguntungkan/angsawatara.com

Macam-Macam Investasi yang Menguntungkan dan Layak untuk Kamu Coba

Investasi adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan kita dengan menaruh aset atau modal pada produk keuangan tertentu dan mengharapkan imbal hasil di waktu mendatang. Kegiatan investasi cocok dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan, misalnya seperti membeli kendaraan, mempersiapkan uang muka kepemilikan rumah atau apartemen, membeli property, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, liburan, hingga dana pensiun untuk hari tua nanti.

Investasi dapat menghasilkan keuntungan berlipat ganda dalam waktu yang lebih cepat jika Kamu dapat memilih instrumen investasi yang tepat. Tentunya sebelum melakukan investasi, Kamu perlu tahu mengenai instrumen investasi apa saja yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak beberapa instrumen investasi yang dapat kamu kamu pilih.

Jenis-jenis Investasi

1. Saham

Saham adalah instrumen investasi yang layak untuk kamu pilih. Bentuknya berupa surat berharga yang menjadi tanda kepemilikan terhadap suatu emiten atau perusahaan. Jadi, ketika Kamu memiliki saham dari suatu perusahaan, Kamu bisa dikatakan juga sebagai pemilik perusahaan itu.

Lalu, Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham dengan dua cara, yaitu dari capital gain dan dividen. Dividen akan dibagikan secara rutin oleh perusahaan selama ada keuntungan dan kesepakatan. Sedangkan, capital gain bisa kamu raih ketika aset emiten meningkat secara signifikan.

2. Deposito

Instrumen investasi satu ini sangat sering dipilih oleh para investor. Praktiknya sama seperti menabung, tapi bedanya kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan dari deposito.

Kamu diharuskan menyimpan sejumlah uang di bank, lalu menyimpannya sampai batas waktu yang Kamu tentukan sendiri. Bisa dalam beberapa bulan atau bertahun-tahun.

Selama menabung, Kamu akan mendapatkan return imbal hasil seperti yang kamu inginkan. Perlu diingat untuk deposito ini kamu tidak diperbolehkan mengambil tabungan sewaktu-waktu tapi harus menunggu hingga jatuh tempo. Jika kamu mengambilnya, biasanya kamu akan dikenai denda.

3. Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang cukup mudah dipelajari. Kamu bisa membeli sejumlah unit reksa dana melalui Manajer Investasi. Selama perusahaan unit reksa dana itu menghasilkan keuntungan, Kamu akan mendapatkan keuntungan juga. Jumlah keuntungannya lebih besar dibandingkan keuntungan deposito.

Investasi reksa dana sekarang sangat mudah dilakukan karena tersedia melalui platform online dan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di ponsel pintar.

4. Cryptocurrency

Cryptocurrency bisa disebut juga sebagai mata uang digital. Saat ini mata uang digital juga sudah bisa diinvestasikan di Indonesia. Jadi, Kamu bisa berinvestasi dengan uang crypto selama memilih platform investasi yang bisa dipercaya.


Potensi keuntungan yang bisa Kamu dapatkan di investasi mata uang digital sangat menggiurkan. Apalagi mata uang digital juga bisa dikonversikan menjadi mata uang konvensional.

Yang harus diingat untuk berinvestasi di mata uang digital adalah memilih jenis mata uang digital yang tepat, dan Kamu perlu terus memantau mata uang digital ini agar tidak ketinggalan berita. Perubahan harga mata uang digital ini sangatlah cepat.

5. Obligasi

Instrumen investasi ini bisa disebut juga sebagai surat utang. Jadi, Kamu memberikan utang pada perusahaan atau negara, nanti perusahaan atau negara akan membayar utangnya pada Kamu ditambah dengan bunga yang menjadi keuntungan untuk Kamu.

Obligasi yang paling aman adalah obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah karena pemerintah akan selalu memiliki dana cadangan untuk membayarkan utang-utangnya. Kamu juga bisa memilih obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan asalkan perusahaan itu memiliki fundamental yang baik.

6. Emas

Instrumen investasi emas adalah salah satu investasi yang mudah dipelajari. Kamu bisa membeli emas, lalu menyimpannya sampai harganya tinggi, kemudian baru menjualnya agar mendapatkan keuntungan.

Investasi ini mudah dilakukan karena Kamu tidak perlu melakukan analisis yang rumit. Kamu hanya perlu tahu di mana membeli emas yang asli karena hanya emas asli yang bisa dijadikan berinvestasi. Oleh karena itu pilihlah tempat yang kredibel.

7. Properti

Investasi properti juga menjadi alternatif instrumen aplikasi yang bagus, bahkan bisa mendatangkan pemasukan per bulan bahkan per hari. Asalkan Kamu bisa memilih properti yang prospeknya bagus, misalnya lokasinya berada di tempat yang strategis.

Hanya saja, Kamu membutuhkan dana yang cukup untuk memiliki properti ini. Lalu, Kamu harus bersabar sampai menunggu properti ini laku dibeli. Yang penting, Kamu merawatnya dengan baik suatu saat properti yang Kamu investasikan ini bisa menghasilkan.

8. Valuta Asing

Kamu juga bisa melakukan investasi valuta asing dengan cara trading forex. Maksudnya adalah dengan bertransaksi menggunakan mata uang asing seperti USD, GBP, EUR, dan mata uang asing lainnya.

Kamu bisa membeli mata uang asing ketika harganya berada di level rendah, dan menjualnya ketika nilainya berada di level tinggi. Jika dirupiahkan tentu akan menjadi angka yang lumayan.

Namun, yang perlu diingat adalah investasi ini risikonya cukup tinggi karena nilai mata uang yang berubah-ubah setiap saat. Kamu pun harus sering memantaunya dengan baik.

9. Tabungan

Investasi ini adalah investasi yang paling mudah dan mungkin paling banyak dipraktikkan orang. Kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan cara menabung. Bahkan para ahli keuangan pun menyarankan untuk menabung secara rutin.

Menabung akan banyak membantu Kamu di masa depan nanti. Kamu pun bisa menggunakannya untuk hal-hal yang menjadi tujuan Kamu. Yang penting adalah melakukannya dengan konsisten. Paling aman menabung di bank, tapi Kamu juga bisa memilih tempat lainnya.


Kesimpulan

Demikianlah pemaparan tentang 9 jenis instrumen investasi yang dapat Kamu jadikan referensi untuk memulai investasi. Tidak ada salahnya jika Kamu mulai belajar untuk menginvestasikan berbagai aset yang Kamu miliki untuk masa depan yang lebih cerah. Semoga bermanfaat.






Posting Komentar

0 Komentar