Header Ads Widget

Cara Investasi Untuk Para Pemula Yang Wajib Kamu Tahu Agar Tidak Rugi


Cara investasi untuk para pemula
Cara Investasi Untuk Para Pemula/angsawatara.com

angsawatara.com - Halo guys, kamu berniat untuk investasi? Tapi bingung, belum mengerti, ragu mau ngapain, tidak tahu harus memulai dari mana? Tepat sekali kamu saat ini berada pada artikel yang tepat. Angsawatara akan mengulas tips bagus buat kamu para pemula yang berniat untuk berinvestasi. Pada era teknologi informasi dan komunikasi yang sudah maju pesat seperti sekarang, minat masyarakat terhadap dunia investasi meningkat. 

Ketika mendengar istilah investasi, apakah yang terbersit dalam kepala kita? Investasi adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan kita dengan menaruh aset atau modal pada produk keuangan tertentu dan mengharapkan imbal hasil di waktu mendatang. 


Kegiatan investasi cocok dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan baik seperti liburan baik di dalam atau ke luar negeri bersama orang-orang tersayang, membeli kendaraan, mempersiapkan uang muka kepemilikan rumah atau apartemen, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, hingga dana pensiun untuk hari tua nanti.

Kini, kegiatan investasi dapat dilakukan melalui berbagai media dan platform, misalnya saja aplikasi di ponsel. Namun, buat kamu yang masih pemula dan berniat untuk mulai berinvestasi, pasti kendala umumnya nggak jauh-jauh dari persoalan bingung harus mulai dari mana. Tenang, Angsawatara sudah menyiapkan beberapa tips investasi untuk pemula yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa memulainya tanpa ragu-ragu lagi!


1. Tentukan tujuan investasi kamu

Cara investasi untuk para pemula
Tentukan Tujuan Investasi/angsawatara.com

Hal terpenting bagi pemula sebelum memulai investasi adalah menentukan tujuan investasi terlebih dahulu. Kamu harus tahu, untuk apa kamu berinvestasi. Misalnya kamu ingin mempersiapkan dana darurat, dana untuk liburan bareng keluarga, dana untuk menikah, passive income, membeli kendaraan pribadi, atau membayar biaya naik haji orang tua kamu. 

Tujuan dalam berinvestasi ini penting, karena akan menjadi target capaian kita selama berinvestasi. Tujuan yang jelas akan membuat kita lebih gampang dalam menyusun perencanaan keuangan dan investasi. Memiliki tujuan investasi artinya memiliki mimpi dan komitmen untuk dicapai. Tujuan investasi yang terkonsep dengan jelas akan menjadi pendorong atau motivasi selama kita menjalankan investasi, ketika tujuan jelas maka target juga akan jelas.


2. Kalkulasi biaya yang kamu butuhkan dan jangka waktu investasi sesuai tujuan

Cara investasi untuk para pemula
Kalkulasi Biaya Investasi/angsawatara.com

Setelah kamu menentukan tujuan investasi, hitunglah, kira-kira untuk mewujudkan tujuan tersebut, berapa besar biaya yang dibutuhkan nantinya. Kamu juga perlu mengecek berapa banyak dana yang sudah kamu punya sekarang. Barulah kemudian, kamu bisa perkirakan jangka waktu investasi kamu. 

Misalnya, kamu ingin membayar down payment (DP) rumah sebesar Rp. 100 juta dan berencana membelinya tiga tahun dari sekarang. Kamu juga perlu mengecek berapa banyak dana yang sudah kamu punya sekarang. Dengan menghitung biaya yang dibutuhkan, mengecek dana yang ada sekarang, serta menetapkan target waktu untuk mencapai tujuan tersebut, kamu akan tahu, berapa besar yang harus disisihkan setiap bulannya agar tujuan tersebut tercapai pada waktu yang ditentukan.

3. Pilihlah produk investasi yang sesuai dengan target dan profil risiko kamu

Cara investasi untuk para pemula
Investasi emas/angsawatara.com

Investasi untuk pemula tidak dapat terlepas dari memilih produk investasi yang tepat, berikut ini produk investasi yang dapat kamu coba diantaranya:


a. Investasi Reksadana

Reksadana merupakan salah satu investasi yang cocok untuk pemula, karena reksadana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Reksadana adalah kumpulan dari dana-dana yang dikelola untuk membeli obligasi, saham, ataupun instrumen keuangan lainnya, manajer investasi akan mengelola dana yang kamu investasikan.


Ada banyak jenis reksadana yang bisa diikuti, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran hingga reksadana pasar saham. Sebelum mulai investasi pastikan kamu pelajari cara investasi reksadana agar kamu mengerti alur investasi yang akan kamu jalani. Sambil berinvestasi, kamu juga bisa mempelajari cara menjaga aset reksadana agar keuntungan investasi kamu dapat terus dimaksimalkan.

b. Investasi Saham

Investasi yang cocok untuk pemula berikutnya adalah investasi saham. Beberapa tahun terakhir, sudah banyak sekali anak muda yang mempelajari cara investasi saham dan mulai berinvestasi pada saham, hal ini karena akses terhadap pasar saham kini semakin mudah. 

Saat ini ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham. Keuntungan dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividen dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

c. Investasi Emas

Investasi emas bisa dibilang salah satu jenis investasi yang paling mudah untuk dimulai. Sederhananya, cara investasi saham bisa didefinisikan sebagai kepemilikan fisik atas emas batangan, bisa berupa emas Antam, atau secara value di platform online yang bergerak di bidang investasi emas, bisa melalui pegadaian, ataupun marketplace toko online yang bekerja sama dengan pegadaian. 

d. Investasi Properti

Selain mempelajari cara investasi saham dan emas, kamu juga bisa belajar tentang investasi properti. Berinvestasi pada properti memang membutuhkan uang dengan jumlah yang besar. Namun, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan besar dalam jangka panjang.

Selain kamu bisa menciptakan passive income dengan aset properti, kamu juga bisa menjadikannya sebagai sebuah investasi yang bisa dijual dalam beberapa tahun ke depannya. Cobalah berinvestasi dengan dua jenis investasi menguntungkan dan investasi yang cocok untuk pemula di atas secara perlahan sembari mengumpulkan modal, atau kamu juga bisa memulai bisnis.

4. Berinvestasi secara rutin tiap bulan

Cara investasi untuk para pemula
Investasi Rutin/angsawatara.com

Dapat dipastikan bahwa sebagian besar dari kita semua mengandalkan pendapatan bulanan yang sebagiannya disisihkan untuk mencapai cita-cita di masa mendatang. Pendapatan bulanan yang disisihkan ini menjadi salah satu kunci utama dalam berinvestasi.

Jumlah yang kamu investasikan mungkin bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu tiap bulan, berapa pun jumlahnya, jadikan investasi sebagai rutinitas bulanan yang jangan sampai terlewat, misalnya saja swtiap awal bulan.

Jadikan investasi sebagai salah satu prioritas pengeluaran kamu setelah gajian, tidak perlu menunggu sisa uang di akhir bulan. Dengan rutin berinvestasi, tujuan keuangan kamu di masa mendatang nggak cuma jadi angan-angan aja, melainkan akan jadi kenyataan.


5. Memperkaya pengetahuan dan informasi seputar investasi

Cara investasi untuk para pemula
Mencari Informasi/angsawatara.com

Sebagai investor pemula, tips investasi paling pamungkas untuk kamu adalah memperkaya pengetahuan seputar investasi. Minimal, kamu paham pengetahuan dasar tentang investasi. Pada zaman canggih seperti sekarang, banyak kanal di media sosial yang bisa kamu gunakan untuk belajar dan cari tahu informasi mengenai investasi. 

Kamu juga bisa masuk ke dalam komunitas-komunitas investasi digital untuk bertukar pengetahuan dengan sesama investor lainnya. Dengan memperkaya pengetahuan kamu seputar investasi, tentu kamu nggak akan bingung lagi untuk mengelola portofolio investasi ke depannya.

Demikian artikel dari kami selamat mencoba, good luck! 

Posting Komentar

0 Komentar